PENGERTIAN
ORGANISASI
Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Organisasi pada
dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama
secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan
terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode,
lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara
efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Menurut para ahli
terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
- Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
- James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
- Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
- Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
PERAN
ORGANISASI
Jadi
secara sederhana, organisasi adalah suatu kerjasama sekelompok orang untuk
mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang
ada. Organisasi ialah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama,
agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Berdasarkan
arti dari organisasi yang diungkapkan oleh beberapa orang diatas, peran
organisasi dalam sebuah perusahaan sangatlah penting, karena perusahaan
didirikan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dan untuk mencapai tujuan
tersebut dibutuhkan aktifitas, kerja sama, dan tentu saja orang yang melakukan
aktifitas tersebut atau sumber daya manusia yang ketiga unsur ini terdapat
dalam sebuah organisasi. Kesimpulanya, suatu perusahaan untuk mencapai tujuan
tertentu membutuhkan organisasi didalamnya agar bias tercapai tujuan tersebut.
PENGERTIAN
METODE
Berarti
suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Pengertian
organisasi dan metode secara lengkap adalah :
Rangkaian
proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber
dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan
memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka
mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
PERAN
METODE ORGANISASI
Setelah
mengetahui arti dari Metode itu sendiri, kita bisa langsung menyimpulkan
bahwa selain peran organisasi, metode tidak kalah penting perannya didalam
sebuah perusahaan. Dengan adanya metode dalam sebuah perusahaan, maka
perusahaan tersebut akan lebih mudah dan teratur dalam mencapai tujuan, visi
dan misi yang telah ditetapkan.
Ada
beberapa faktor yang mendukung untuk berjalannya suatu metode yang digunakan
dalam sebuah perusahaan atau organisasi, antara lain : organisasi yang
baik dan pemimpin organisasi yang tentunya juga harus baik dalam memimpin,
sumber daya manusia yang berkualitas untuk melakukan kerja sama agar tercapai
suatu tujuan, teori organisasi yang dipakai harus sesuai dengan jenis atau
bentuk organisasi yang dibentuk di dalam perusahaan tersebut. Dengan demikian
perusahaan tersebut akan lebih mudah dalam mencapai tujuanya serta akan lebih
terstruktur dan rapih karena memiliki metode dalam organisasi nya.
Sumber:
http://geulis.tumblr.com
http://id.wikipedia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar